Senin, 30 Maret 2015

Devenisi, pengertian dan perbedaan dari administrasi pembangunan dan administrasi negara



Defenisi administrasi negara

1.       Suatu studi mengenai bagaimana bermacam-macam badan pemerintahan diorganisir, diperlengkapi tenaga-tenaganya,dibiayai, digerakkan dan dipimpin (Edward H. Litchfield).
2.      Administrasi negara adalah manajemen dan organisasi dari pada manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan-tujuan pemerintah (Dwight Waldo).
3.      Kegiatan pemerintah di dalam melaksanakan kekuasaan politiknya (Dimock dkk).
4.       Ilmu yang mempelajari pelaksanaan dari politik negara (Arifin Abdul Rachman).
Definisi – definisi diatas, dapat dikemukakan beberapa pokok pikiran bahwa :
a. Administrasi Negara adalah merupakan proses kegiatan yang bersifat penyelenggaraan.
b. Administrasi Negara disusun untuk mengatur kerja sama antar bangsa.
c. Administrasi Negara diselenggarakan oleh aparatur pemerintah dari suatu Negara.
d. Administrasi Negara diselenggarakan untuk kepentingan umum.


Defenisi administrasi pembangunan

-        Bintoro Tjokroamidjojo dalam bukunya Pengantar Administrasi Pembangunan mengemukakan bahwa: “Proses pengendalian usaha  (administrasi) oleh negara/pemerintah untuk merealisir pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.” 
-              Menurut J.B. Kristadi, administrasi pembangunan adalah administrasi negara yang mampu mendorong ke arah proses perubahan dan pembaharuan serta penyesuaian dan juga merupakan pendukung suatu perencanaan.
-              SP. Siagian mendefinisikan  Administrasi Pembangunan sebagai: “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perobahan yang berencana yang dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation-building).”  
-           Edward W. Weidner lebih spesifik yaitu Administrasi Pembangunan menggambarkan sebagai suatu  pengembangan yang administratif dan administrasi dalam program pengembangan.
-              Menurut Paul Meadows dalam bukunya Administrasi Pembangunan dapat didefinisikan sebagai kegiatan mengatur masyarakat dibidang ekonomi dan perubahan sosial dalam hal menetapkan kebijakan publik.
Dari pendapat beberapa ahli diatas, maka dapat saya ambil kesimpulan bahwa Administrasi Pembangunan adalah segala dan segenap suatu proses yang akan dilakukan dan akan dilaksanakan oleh administrator dalam rangka upaya untuk mendorong dan untuk memberikan suatu pengawasan terhadap masyarakat ke arah modernisasi dan kebaikan yang multi-dimensional secara terpadu dan administratif.


Perbedaan administrasi negara dan administrasi pembangunan

-          Administrasi Negara
Administrasi Negara adalah proses kerjasama dari seluruh aparatur Negara berdasarkan garis-garis besar yangtelah disepakati bersama untuk tujuan Negara.

-          Administrasi pembangunan.
Administrasi pembangunan merupakan proses pengendalian usaha (administrasi) oleh negara/pemerintah untuk merealisirkan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar